Header Ads

Inilah 4 Tips Merawat Dan Memeriksa Mobil Yang Sudah Lama Tak Dipakai Dan Ditinggal.

Inilah 4 Tips Merawat Dan Memeriksa Mobil Yang Sudah Lama Tak Dipakai Dan Ditinggal.
Taipan Asia
Taipan Asia | Dengan banyaknya transportasi online, kita tentu menjadi semakin jarang menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil atau motor. Alhasil, kita kerap membiarkan mobil lama ditinggal dan tak digunakan di garasi.

Sebetulnya boleh saja membiarkan mobil hanya jadi pajangan, tapi jangan lupa untuk tetap merawat dan memeriksa beberapa bagiannya. Pasalnya dilansir Taipan Asia, mobil yang terlalu lama dibiarkan tentunya juga tak sehat, karena bisa menimbulkan beberapa risiko.

Misal, ban mobil jadi kehilangan udara lantaran tidak adanya rotasi roda, yang menyebabkan tekanan dari beban mobil hanya akan terus-menerus berpusat di satu titik ban. Risiko lain, sebagaimana dilansir Taipan Asia, aki jadi lebih mudah tekor atau soak bila mesin jarang dinyalakan.

Nah, demi menjaga mobil tetap sehat, yuk, kita tetap rawat dan memeriksa tiga bagian ini. Ingat, merawat mobil kesayangan adalah kewajiban si yang punya, termasuk kita perempuan. Jadi, bukan hanya tugas laki-laki saja, kok!

1. Jaga Kesehatan Ban
Tekanan hanya di satu titik ban bisa membuat udara di dalam ban berkurang. Untuk mencegahnya, kita bisa tetap menggunakan dan menjalankan mobil yang lama ditinggal, meski untuk jarak tempuh dan durasi yang singkat.

Misal, sepulang kantor atau setiap pagi, kita bisa membawanya keliling komplek atau sekadar isi bensin.

2. Jangan Biarkan Aki Soak
Bila mobil sudah terlalu lama ditinggal, aki bisa lebih mudah rusak dan soak, akibatnya, ketika kita ingin menyalakan mobil, mobil sudah keburu mogok!

Dilansir Taipan Asia, untuk membuat aki tetap bisa bekerja maksimal pada mobil yang sering ditinggal, kita perlu memanaskan mesin mobil secara rutin. Namun itu belum cukup, karena mobil tetap butuh berjalan dan bergerak.

Karenanya, cobalah cara yang sama seperti tadi lagi dengan membawa mobil berkeliling agar proses pengisian aki berlangsung optimal. Sebentar pun tak apa, cukup sampai RPM tercapai dan membuat arus listrik ke aki menjadi sempurna.

3. Pastikan Mobil Kinclong
Mobil yang lama ditinggal juga terkadang menjadi lebih mudah berdebu dan kotor. Tak mau, dong, mobil yang sudah mahal-mahal kita beli malah jadi tak cantik lagi?

Cara merawatnya mudah, cukup dengan mencucinya, bisa kita cuci sendiri atau membawanya ke bengkel. Jangan lupa, bagian interior mobil juga kadang mengandung bau tak sedap apabila terlalu lama ditinggalkan, jadi, rajin-rajinlah memvakum bagian interior mobil dan semprotkan pewangi.

4. Servis Berkala
Meski jarang digunakan, mobil yang lama ditinggal tetap punya hak buat diservis berkala. Apalagi, banyak masalah bisa timbul akibat mobil jarang digunakan, lho.

Mulai dari kinerja rem, wiper, lampu, AC, dan lain sebagainya. Sebagai perempuan yang berani dan mandiri, masa, sih, urusan mobil yang lama ditinggal saja kita masih tak bisa merawatnya sendiri?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.